Dia adalah saudara terbaik yang ku punya

Ketika kau bergaul atau kumpul dengan mereka yang usianya diatas mu maka kau akan merasa paling muda dan merasa dimanja.

Ketika kau bergaul dengan mereka yang seangkatan dengan usia mu maka kau akan berusaha untuk menjadi yang terhebat.

Ketika kau bergaul dan kumpul dengan usianya satu, dua tahun dibawah usia mu maka kau akan merasa kau adalah contoh panutan dan pemberi saran untuk mereka.

Angkatan 2009  dgn angkatan 2008 (masa – masa dimanja dan diperbudak)
Angkatan 2009 dgn angkatan 2009 (masa – masa aktualisasi diri)
Angkatan 2009 dgn angkatan 2010,2011 (masa – masa mencari pengaruh dan senioritas)
Angkatan 2009 dgn 2012 (masa kasih sayang terhadap adik angkayan “WOW”)

Hadirnya golongan muda menandakan bahwa tak selamanya jabatan itu dipegang bahkan dikuasai.

Dan kehadirannya merupakan penerus yang akan menggantikan kau di masa yang akan datang.

Oleh karenanya, pendekatan yang kau lakukan tidaklah sama dari yang biasa, kau harus mengganggapnya sebagai adik yang  harus disiapkan untuk tampil selepas kau tak ada.

Proses pencarian sudah ku lalui, mulai dari diskusi, menghadiri suatu acara secara bersama-sama, mabit(menginap) baik itu di masjid atau di kampus, bahkan menjadi supir antar jemput pribadi yang siap mengantarkan kau kemana saja.

Semua itu dilakukan untuk menjalin kedekatan antara senior dengan junior agar tak ada jarak yang memisahkan baik itu usia atau wawasan. Dengan tujuan agar semua pengetahuan yang kau punya dapat ditransfer melalui cara informal. Metode formal yang dikenal ditengah mahasiswa LDK (Lembaga Dakwah Kampus) yaitu Mentoring ataupun liqo. Namun metode itu tak bisa kau terapkan jika pengenalan karakter masing-masing belum kau pelajari dengan benar.

Sekarang sudah waktunya mereka mandiri, percayakan segala sesuatunya kepada mereka. Biarlah kreativitas mereka keluar apa adanya tanpa dibuat-buat.

Jika salah kenapa harus malu dan takut mengakui kesalahan, maka dari itu dibutuhkanlah evaluasi agar mengetahui kekurangan yang ada. 

Salah satu pelajaran yang selalu ditekankan kepada mereka adalah akhlak. Utamakan lah pribadi yang jujur, hargai teman mu dengan ucapan yang baik, jika kau tak mengerti maka bertanyalah dengan yang lebih mengerti dan kedepankan sopan santun.


Beberapa nasehat khusus untuk mu

Spesial untuk dia yang sudah dekat secara emosional baik sebagai adik angkatan atau sebagai teman.

Kemampuan leadership mu mungkin belum seratus persen keluar, namun potensi untuk menjadi pemimpin  itu pasti ada.

Kemampuan mu untuk menghargai perbedaan pendapat mungkin belum terasah tapi ku yakin kau bisa menguasai dan memamahinya.

Jika ku diam maka itu tanda bahwa kau yang harus banyak bekerja
Jika ku tak hadir maka itu tanda bahwa kau harus mandiri
Jika ku tak memberi saran maka itu tanda tak ada kesalahan yang kau lakukan
Jika ku senyum kecil dihadapanmu maka itu tanda bahwa kau sudah mampu melakukannya dengan sempurna.

Keberadaan mu melebihi teman bahkan sudah ku anggap adik kecil.
Berlama-lama berdiskusi dengan mu adalah kesenangan yang ku punya.
Bertemu,  saling memberi salam, merangkul dan berpeluk sapa itulah yang selalu ku lakukan  agar silaturahim tetap terjaga.

Dan kini, siklus masa-masa perkuliahan dalam menempuh sarjana akan segera ku akhiri. Intensitas bertemu di dunia kampus sudah mulai jarang. Dan tongkat estafet sudah kau terima dan sudah saatnya mengucapkan “good bye” dan “congratulation”.


Komentar

Postingan Populer