Mudahnya Mengurus Perpanjangan SIM C



Hey sobat, kali ini gw mau berbagi pengalaman tentang ngurus perpanjangan SIM. Seperti yang kita tahu, masa aktif SIM hanya berlaku 5 tahun, setelah itu kita wajib memperpanjangnya di SATPAS atau SIM Keliling di daerah masing-masing. Berhubung SIM C punya gw memasuki masa habisnya, maka coba-coba searching di google bagaimana cara mempanjang SIM. Ternyata ketemu satu artikel bahwa hanya ada beberapa tempat untuk mengurusnya yaitu Polres, Mobil SIM keliling dan gerai-gerai di Mall. Untuk 2 tempat yang gw sebut terakhir, cuma beberapa lokasi dan mall yang bisa melayani.

Dari artikel yang gw baca, kita perlu siapkan fotocopy KTP dan SIM, jangan lupa yang paling penting bawa uang yang cukup minimal 200.000 karena tidak ada urusan yang gratis di Republik Indonesia. Terpikir saat Pilpes 2019, sebuah partai mengusulkan bahwa SIM berlaku untuk seumur hidup maka saat itu juga gw salah satu orang yang mendukungnya. Back to topik, akhirnya gw memutuskan untuk pergi ke polres Metro Jakarta Selatan di Jalan Wijaya II.

Dan sampai juga gw di lokasi, saran buat yang mau ngurus perpanjang SIM alangkah baiknya datang lebih pagi sekitar jam 7.30. Biar antriannya tidak terlalu panjang. Info jadwal yang gw baca disana yaitu :
  1. Senin – Jumát (08.00 – 13.30)
  2. Sabtu (08.00 - 12.00)

Tahapan yang perlu dilalui seperti apa ? gw akan jelaskan point to point. Dan apa aja yang perlu disiapkan plus kisaran biayanya.

Tahap administrasi, disini kita diwajibkan membayar sejumlah uang ke petugas sesuai peraturan yang ada. Untuk SIM C Rp. 75.000. Sebelum kemana-mana, bayar dahulu agar bisa ngurus tahapan yang lain. Petugas hanya meminjam SIM dan KTP untuk input data. Kalau masih bingung, jangan pasif bicara. Tanyakan saja ke petugas yang ada, bagaimana cara ngurus perpanjang SIM. Biar tidak buang-buang waktu hanya untuk menunggu. Setiap tahapan memiliki loket atau ruang tersendiri jadi jangan sampai salah.

Tahap pembayaran asuransi, setelah selesai kita diarahkan untuk mendaftar asuransi. Disini kita perlu siapkan 1 lembar fotocopy KTP dan uang Rp. 30.000. Dan hasil akhirnya gw dikasih kartu sakti. Entah sudah berapa banyak kartu di dompet gw.  Sebenarnya gw kurang mengerti, kejelasan dari asuransi tersebut. Mengenai manfaat dan cara claimnya. Mungkin kebanyakan orang acuh dalam hal ini, karena kita punya uang yang cukup dan mengharapkan lancar segala urusan. Tapi bagi mereka yang uangnya pas-pasan pasti sangat memberatkan. Kenapa harus keluar uang yang manfaatnya belum kita ketahui. Mungkin nanti gw coba pelajari dari asuransi yang satu ini, apakah wajib atau cuma embel-embel pemanis aja.

Tahap Pengisian Formulir, mintalah formulir di bagian pendaftaran. Isi formulir sesuai data pribadi di KTP. Contohnya sudah disiapkan jadi tidak perlu risau bagaimana cara mengisinya. Bagi yang tidak mau repot atau ada kendala kita bisa meminta tolong ke petugas yang ada untuk mengisi formulir tersebut.

Tahap Tes Kesehatan, di Polres ini sudah disiapkan sebuah tempat untuk cek kesehatan jadi tidak perlu tes kesehatan di luar. Hanya siapkan saja uang Rp. 25.000 untuk ongkos administrasinya. Tesnya mulai dari ditimbang berat badan, baca huruf dari jarak jauh dan tes buta warna. So simple.

Tahap Penyerahan Formulir. Formulir yang sudah terisi wajib diserahkan ke bagian pendaftaran. Dan SIM lama kita akan diambil oleh petugas.

Tahap Pemotretan dan Cetak SIM. Setelah formulir diserahkan, kita akan menunggu panggilan antrian foto. Selesai itu, menunggu lagi untuk mengambil SIM baru yang sudah jadi.

Ternyata tidak sampai seharian ngurus perpanjangan SIM. Sekitar 30 – 60 menit semua urusan selesai istilahnya one day service. Total uang yang gw kelurakan yaitu 130.000. Bagi gw tidak masalah tapi gw berharap uang yang perlu dikeluarkan tidak harus sebesar itu. Motor sudah kena pajak, terus surat izinnya berbayar secara berkala atau diperpanjang terus-menerus. Sepertinya penulis mau protes agar administrasi seperti ini dikurangi. Wajar sebagai warga negara untuk memberi kritik. Indonesia kan negara demokrasi. Semoga bermanfaat !!!

Komentar

Postingan Populer