Mengetahui dan Memahami Dakwah itu Adalah Penting.

      Dakwah menurut bahasa berasal dari kata da’a – yad’u – da’watan artinya ajakan. Berdasarkan arti yang sesungguhnya dakwah itu adalah menyeru, mengajak, memanggil seseorang untuk beriman dan taat kepada Allah SWT. Ajakan ini disebabkan karena ketidaktahuaan, ketidakpahaman, ataupun keengganan dalam menjalankan syariat islam. Orang yang menyampaikan disebut Dai dan objek yang disampaikan disebut Mad’u.

    Dakwah itu adalah pekerjaan mulia yang  bernilai pahala. Sebagaian ulama mengatakan hukum berdakwah adalah fardu a’in dan sebagian ulama yang lain mengatakan fardu kifayah (kolektif). Meski begitu Rasululllah SAW selalu mengajarkan agar seorang Muslim selalu menyeru pada jalan kebaikan dengan cara-cara yang baik.

    Perintah berdakwah pun terdapat dalam firman Allah SWT yaitu salah satunya, “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk” (An-Nahl:125) serta dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah SAW  bersabda,”Barangsiapa yang menunjukan kepada suatu kebaikan maka dia akan mendapat pahala seperti pahala yang melakukannya”.

Mengetahui keutamaan dakwah adalah faktor terpenting yang mempengaruhi konsistensi dan semangat seorang dalam berdakwah. Karena keyakinan terhadap keutamaan tersebut dapat menjadikannya merasa ringan menghadapi rintangan. Beberapa keutamaannya adalah sebagai berikut :
1.      Dakwah adalah Muhimmatur Rasul (Tugas utama para Rasul)
2.      Dakwah adalah Ahsanul A’mal (Amal yang terbaik)
3.      Dakwah dapat menyelamatkan kita dari azab Allah SWT
4.      Dakwah adalah jalan menuju Khairu Ummah

Dakwah itu mememiliki karakter yang khas. Seseorang yang menjalanai aktivitas mulia ini harus mengetahui serta memahami beberapa karakteristik jalan sebuah dakwah. Yang dijadikan sebuah pedoman agar mereka yang berjuang dijalan dakwah dapat bertahan dan bersabar. Sebaliknya jika seseorang itu tidak memahami karekteristik jalan dakwah maka ia akan jatuh saat melalui jalan itu. Oleh sebab itu pengertian dakwah islam dan karekteristiknya perlu diketahui dan dipahami.
1.      Jalan dakwah adalah perjalanan yang panjang.
Dakwah bukanlah pekerjaan sehari dua hari yang bakal selesai untuk dikerjakan. Perjalanan dakwah adalah perjalanan yang telah dirintis oleh Rasulullah SAW dan hingga kini akan terus berjalan sampai pada masa yang telah Allah janjikan. Maka janganlah meresa lelah mengarungi jalan dakwah, sebab jalan dakwah adalah perjalanan jauh para pejuang islam yang siap mengorbankan segala macam hal baik harta, waktu, keluarga maupun jiwa diri sendiri.

2.      Jalan dakwah adalah jalan yang penuh rintangan.
Seseorang yang telah mengikrarkan dirinya untuk bergabung bersama barisan dakwah adalah mereka siap untuk mendapatkan ujian di jalan dakwah tersebut. Ujian-ujian di jalan dakwah yang diberikan tak lain hanya untuk memuliakan orang-orang yang berdakwah. Jika seseorang tersebut sanggup melaluinya, maka akan bertambahlah kemuliaan diri seseorang tersebut. Sebaliknya jika ia gagal atau justru menyebabkan ia berputus asa dari jalan dakwah, maka Allah SWT telah mempersiapkan orang-orang yang akan menggantikan posisinya dengan kualitas keimanan yang lebih baik lagi. Berani berdakwah berarti berani mendapatkan aneka ujian, intimidasi dan segala macam hambatan lainnya. Bersabar dalam hambatan adalah cara yang baik yang menambah kemuliaan seseorang. Ujian dan rintangan tersebut dapat datang dari diri sendiri maupun orang lain.

3.      Jumlah orang yang berdakwah itu sedikit.
Dakwah ibarat jamu yang terasa pahit untuk dirasakan secara fisik, namun akan menyehatkan tubuh di masa yang akan datang. Banyak orang yang tidak suka jamu lantaran disebabkan alasan pahit yang ia rasakan saat awal mencicipinya. Seperti itulah dakwah banyak orang yang tak mau ikut berdakwah karena justru mengetahui kesulitan yang akan ia hadapi saat ikut berdakwah.

Sumber referensi :

Komentar

Postingan Populer