Tujuan manusia di dunia

Apakah kita pernah berpikir, darimana kita berasal, untuk apa kita hidup di dunia, dan kemana kah kita setelah meninggal ? Pertanyaan itu membuat saya merenung, ketika memasuki masa dewasa atau berusia 17 tahun, dimana kegiatan yang saya habiskan hanya sekolah dan bermain tanpa ada sedikit pun pikiran yang aneh-aneh mengenai tujuan saya di dunia. Selain itu, pelajaran agama yang saya dapat hanya menjadi bahan bacaan ketika mau ulangan. Saya belum mendalami dan menerapkannya ke dalam kehidupan sehari-hari seperti masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Dan termasuk pelajaran mengenai tujuan Allah menciptakan manusia. Saya hanya mengetahui bahwa manusia diciptakan untuk beribadah kepadaNya, itu pun saya ketahui hanya sepintas, tidak tau dasarnya apa. 

Namun, setelah mengikuti pengajian di masjid dan mendengar ceramah ustad di televisi baru saya mengetahui bahwa ada surat di dalam Al-quran yang menjelaskan penciptaan manusia. Allah berfirman, “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka rnenyembah. kepada-Ku” (Adz-Dzariyat: 57). Setelah mendengar arti ayat ini, jelas bagi saya bahwa kehidupan ini harus dihabiskan untuk menyembahNya. Mungkin saya belum mengetahui ayat-ayat Al-quran lainnya yang menjelaskan hal tersebut. Tapi itu membuat saya untuk terus belajar dan memotivasi diri dalam mencari kebenaran hidup berdasarkan Al-quran.  Aminnn





Komentar

Postingan Populer